Inilah Perangkat Sound System Paling Penting, Simak Penjelasannya Berikut Ini!

Inilah Perangkat Sound System Paling Penting, Simak Penjelasannya Berikut Ini!

Ternyata banyak yang belum mengenal perangkat perangkat sound system yang penting. Karena seperti namanya. Yaitu system. Sehingga, peralatan ini selalu ada keterkaitan di antara alat musik yang lainnya, mengingat alat ini tidak dapat berdiri sendiri. Sehingga, dari sinilah disebut juga dengan bagian dari peralatan sound. Itu artinya, setiap fungsi sound system wajib saling mendukung agar menjadi kesatuan sound yang solid.

Peralatan Utama Perangkat Sound System

  1. Bagian sumber bunyi

Bagian yang satu ini terdiri atas input audio dan microphone. Khusus untuk input audio itu bisa berasal dari komputer, DVD, laptop, dan sejenisnya. Sedangkan, untuk sumber bunyi yang lain bisa dihasilkan dari keyboard, electone, guitar listrik, drum, dan masih banyak yang lainnya. Inilah yang dinamakan sebagai bagian dari sumber bunyi yang ada dalam sebuah sound systemnya.

  1. Input channel

Bagian perangkat sound system yang satu ini sering disebut juga dengan pra audio. Hal ini dikarenakan input channel itu dapat dibuat dari masukan sinyal audio yang ditangkap oleh mixer. Dimana mixer ini sudah menggunakan beberapa OP amp dan juga prinsip gabungan. Sehingga, semuanya menjadi saling berkaitan saat digunakan bersama-sama.

  1. Bagian filtering frekuensi dan pengolah bunyi

Bagian ini berupa equalizer yang dapat dipasang dengan cara external sesudah melakukan mixer audio. Dalam perangkat portable dari sound system itu sendiri Cuma ada 1 tombol level saja yang disebut juga dengan sebutan sebagai tone. Gunanya adalah untuk mengatur audio dengan cara mengatur nada high dan lownya saja.

  1. Bagian crossover

Ini termasuk audio distributor yang berguna untuk mendistribusikan sinyal dari audio low, high, dan middle yang masuk ke dalam blok amplifier. Masih ada lagi bagian amlifier utuk penguat suara dan loudspeaker yng terdiri atas beberapa range dari respon bunyi. Misalnya saja, seperti middle, woofer, dan juga high.

Mengenal Perangkat Sound System Pasif Vs Aktif

Sekarang ini perkembangan elektronika di bidang audio semakin berkembang. Semua orang bisa menggunakannya dengan praktis dan mudah saat mengoperasikannya. Karena setiap sistem soundnya sudah dikemas ke dalam sebuah wadah yang fiturnya cukup lengkap. Selain itu, modelnya juga banyak yang telah dikombinasikan pada sebuah box. Misalnya saja seperti beberapa contoh dari perangkat sound system yang aktif dan pasif berikut ini:

  1. Compo Deck Player

Bagian yang satu ini digunakan untuk memutar kaset pita. Beruntungnya, kini sudah ada compo yang dilengkapi dengan mic + echo dan juga DVD player yang bisa dipakai untuk karaokean. Untuk jumlah speakernya ada 2 hingga 3 way. Jenis speaker ini termasuk sound pasif dikarnekan jarka kabel penghubungnya melebihi 50 cm.

  1. Speaker Portable Presentation

Peralatan yang satu ini sama seperti yang sudah disebutkan di atas. Hanya saja, desainnya telah termasuk dalam 1 kesatuan box, berupa tape player, OP amp, speaker, power amplifier, dll. Rata-rata speaker yang dipakai adalah berukuran sebesar 8 inc hingga 10 inch diameternya. Peralatan ini sangat praktis dan mudah dibawa. Sehingga, termasuk ke dalam kategori aktif speaker.

  1. Speaker Monitor Guitar

Perangkat yang satu ini kerap disebut juga dengan keyboard. Dalam hal ini dibutuhkan spekaer agar suara alat musik ini bisa terdengar sampai di telinga Anda. Anda cukup gunakan amplifier saja dan mainkan menggunakan efek distorsi atau delay. Ketika tampil secara live, setiap playernya akan dibawakan speaker monitor sendiri. Sehingga, bagian ini termasuk speaker yang aktif.

Peralatan Pendukung Perangkat Sound System

Amplifier itu mencakup banyak hal. Misalnya saja, seperti pre amplifier. Sehingga, blok ini dapat menerima sumber bunyi dan menguatkannya hingga beberapa dB. Di bagian ini biasanya ada suara menuju speaker agar terdengar oleh semua orang. Untuk ukurannya tergantung dari daya output power amplifiernya, dimana makin besar, output power amplifier, maka catu daya yang dibutuhkan semakin banyak.

Speaker Sound System, ini salahsatuperangkat sound systemdisebut juga dengan loudspeaker. Jadi, saat Anda memakai sistem speaker yang aktif, alat ini dapat menyatu dibagian beberapa blok amplifier di wadah yang sama. Namun, jika Anda memakai sistem speaker yang pasif, itu artinya peralata speakernya harus punya box sendiri. Karena didalamnya ada 2 way alur nada, yaitu low and high.

Sehingga untuk, nada midnya dibentuk otomatis dari pencampuran nada yang ada. Nada ini biasanya ada 2 way alur nada. Yaitu low and high. Untuk nada ini kerap dibuat secara otomatis saat pertemuan kedua nadanya. Terkadang ini bisa berubah menjadi 3 way. Namun, untuk membuat 3 way ini ada impedansi speaker yang menurun bila memakai 1 spekaer yang nilainya 8 ohm.

External Divice ini termasuk peralatan dapur yang berada jauh dari blok speaker, seperti key board, microphone, dan gitar elektrik. Sedangkan untuk kabel dan conecctor sound system itu penting sekali. Kabel speaker yang digunakan untuk connector dan audio ini berguna sekali untuk membuat sound system menjadi lebih baik dan dijadikan sebagai IN dan Out ke speaker.

Jadi, dilihat dari keterangan di atas, yang namanya sound system itu hanya dapat bekerja bila semua sistem peralatannya saling memberikan perannya untuk menciptakan akustik suara yang bisa Anda dengar lewat telinga. Maka dari itulah, memahami tentang beberapa perangkat sound system dan fungsinya itu sangat penting sekali jika Anda bergerak dibidang musik.