Pengertian Sound System dan Fungsinya

Pengertian Sound System dan Fungsinya

Sebelum membahas tentang pengertian sound system, tentunya dari awal Anda sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Karena sound system sepertinya merupakan istilah yang sering dipakai secara umum dan diartikan global, sebagai perangkat penguat suara. Dengan alat ini suara dapat menjangkau dan didengar dalam jarak tertentu.

Untuk menyampaikan informasi supaya didengar banyak orang saat ini membutuhkan pengeras suara seperti sound system. Pemanfaatan sound system dapat diaplikasikan pada ruangan indoor dan outdoor. Sound system sangat berperan penting dalam acara konser, hajatan, pertunjukan, dll.

Tujuan utama dari sound system adalah supaya suaranya bisa didengar lebih jelas oleh semua pendengar. Itulah sebabnya Gary Davis dan Ralph Jones memiliki pemahaman sendiri seputar sound system. Tidak lain yaitu perangkat elektronik untuk meningkatkan kekuatan suara pada sebuah acara. Lebih jelasnya akan dikupas di bawah ini:

Pengertian Sound System

Definisi dari sound system adalah sistem perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengolah sinyal suara sekaligus meningkatkan level suaranya. Selanjutnya kelipatan gain suaranya akan disalurkan lewat loudspeaker, agar terdengar oleh telinga dalam jarak tertentu. Sinyal suara itu bisa berasal dari banyak sumber pada perangkat pengeras.

Sinyal suaranya bisa dikontrol tingkatan bunyinya berdasarkan audience dan kapasitas ruangnya agar informasinya dapat ditangkap oleh telinga pendengarnya. Namun untuk bisa menangkap sumber suaranya, maka butuh input transducer yang disebut dengan spul gitar dan microphone.

Sinyal audio yang diproses pada sound system ini nanti akan diolah pada perangkat audio. Dimana beberapa perangkat audio yang bertugas untuk memproses sinyal suaranya disebut equalizer. Berdasarkan Gary Davis dan juga Ralph Jones mengatakan bahwa pengertian sound system adalah komponen elektronik untuk meningkatkan suara.

Sehingga suaranya bisa didengar jelas oleh banyak orang dalam sebuah seminar, pertunjukan musik, dan sejenisnya. Sementara itu berdasarkan Sri Waluyanti, dkk menyatakan bahwa definisi dari sound system adalah teknik untuk mengatur peralatan suara di sebuah acara pertunjukan konser, pertemuan seminar, musik, gereja, masjid, dll.

Dalam hal ini tata suaranya sangat berperan penting dalam sebuah pertunjukan. Hal ini tidak dapat dipisahkan dari acara pertunjukan dan tata panggungnya. Sementara itu, untuk tata suaranya sangat berkaitan erat dengan penguat suara supaya bisa sampai di telinga pendengar tanpa mengabaikan kualitasnya.

Fungsi Sound System

Setelah memahami tentang pengertian sound system, maka saatnya untuk memahami fungsi bagiannya. Karena bagian dari sound system itu sendiri ada banyak. Semuanya memiliki fungsi masing-masing yang berbeda, sehingga Anda harus memahaminya juga supaya dapat memanfaatkan perangkat ini dengan baik.

Berdasarkan fungsinya, maka bagian dari sound system itu terbagi menjadi beberapa hal, yaitu unit input, proses, penguat, dan output. Unit input berguna sebagai sumber sinyal yang diproses pada sound system. Unit ini berguna untuk menguatkan tegangan sinyal yang didapatkan.

Beberapa contoh perangkat unit input meliputi VCD atau DVD player, microphone, contact pick up, MP3 player, dan alat digital yang lainnya. Selanjutnya masih ada unit proses yang berguna untuk mengubah karakter sinyal, sekaligus meningkatkan kualitas sinyalnya supaya bisa diterima oleh input proses.

Contoh perangkat yang termasuk unit proses adalah equalizer, audio mixer, multigate, reverb, RTA, LSM, dan Crossover. Selain itu, ada lagi unit penguat yang fungsinya sama seperti namanya, yaitu menguatkan sinyal yang telah dimasukkan supaya semua audience dapat mendengarnya.

Perangkat untuk penguat sinyal ini biasanya berupa amplifier. Untuk pemanfaatannya disesuaikan dengan karakter dan jenis yang diinginkan penggunanya. Unit yang terakhir adalah output. Fungsi sound system yang satu ini adalah mengubah sinyal listrik audio menjadi suara.

Sehingga dengan adanya unit output ini semua orang bisa mendengarkan suara yang muncul pada telinganya masing-masing. Proses perubahan sinyal listrik ke suara lewat membrane speaker bisa bergetar karena coil speakernya dilewati tegangan listrik. Untuk perangkat unit output adalah speaker.

Jadi seperti itulah pengertian dan fungsi dari sound system. Dimana sound system itu sendiri merupakan susunan komponen elektronik untuk mengatur suara, supaya pertemuan dan acara lebih meriah. Setelah memahami fungsi dan pengertian sound system, maka sekarang gunakan dan manfaatkan sound system dengan sebaik mungkin.